Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Titik dekat dan titik jauh Mata

Mata dapat melihat dengan jelas jika benda berada dalam jangkauan, yaitu antara titik dekat (punctum proximum) dan titik jauh (punctum remotum), seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
Ketik Anda memegang buku fisika terlalu dekat dengan mata anda, hutuf-huruf dalam buk menjadi kabur karena lensa tidak dapat lagi mengatur jarak fokus untuk memfokuskan buku. Titi paling dekat ke mata di mana suatu benda dapat diletakkan dan masih neghasilkan suatu bayangan tajam pada retina ketika mata berakomodasi maksimum (otot siliar menegang penuh) disebut titik dekat mata. Orang usia 20-an dengan mata normal memiliki titik dekat kira-kira 25 cm. Titik dekat ini meningkat kira-kira 50 cm pada usia 40-an dan 500 cm pada usia 60-an. Karena umumnya bahan bacaan dipegang pada jarak 25-30 cm dari mata, maka orang tua biasanya memerlukan kacamata untuk mengatasi penurunan daya akomodasi mata.
Titik jauh mata adalah lokasi paling jauh benda di mana mata relaks (mata tidak berakomodasi) dan memfokuskan benda. Seseorang dengan mata normal dapat melihat benda-benda sangat jauh, seperti planet dan bintang-bintang, sehingga dikatakan memiliki titik jauh pada jarak tak berhingga.

Post a Comment for "Titik dekat dan titik jauh Mata"