Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Soal dan penyelesaian tentang hukum kepler


Soal 1
Dua buah planet P dan Q mengorbit  Matahari. Perbandingan antara jarak planet P dan planet Q ke matahari adalah 4 : 9. Apabila periode planet P mengelilingi Matahari adalah 24 hari, tentukan periode planet Q.

Solusi;
Diketahui: RP : RQ = 4 : 9 à RP = (4/9)RQ dan TP = 24 hari, maka  kita peroleh
Latihan soal 1
Planet A dan B masing-masing mempunyai jarak P dan Q terhadap matahari. Jika periode revolusi planet A adalah T dan P = 4Q. Tentukan periode revolusi planet B! (jwb: TB = T/8)

Latihan soal 2
Jika jari-jari lintasan bumi mengelilingi matahari adalah R dan periode revolusi bumi adalah T, tentukan periode revolusi planet X yang mempunyai jari-jari lintasan 1/3 R!(jwb: T√3/9)

Latihan soal 3
Planet X dan planet Y mengorbit mengitari matahari. Jika perbandingan antara jarak masing-masing planet ke matahari adalah 3 : 1 maka perbandingan periode planet X dan planet Y mengelilingi matahari adalah…. (TX = 3√3 TY)

Latihan soal 4
Jarak rata-rata planet bumi ke matahari adalah 149,6 x 106 km dan jarak rata-rata planet merkurius 57,9 x 106 km. Periode revolusi bumi adalah 1 tahun, berapa periode revolusi planet merkurius ? (87,6 hari)

Latihan soal 5
Jarak rata-rata planet venus ke matahari adalah 1,08 x 108 km dan periode revolusi venus adalah 0,615 tahun. Berapa konstanta perbandingan kuadrat periode terhadap pangkat tiga jarak rata-rata venus ke matahari?

Post a Comment for "Soal dan penyelesaian tentang hukum kepler"